Bupati Bassam Kasuba Ulangi Catatan Emas Sejara 17 Tahun Silam.

Editor: LidikPost author photo

Oleh : Irh.

Mungkin banyak orang telah lupa bahkan ada yang sama sekali tidak tahu soal ini, namun catatan sejarah yang tertulis tak pernah dihapus oleh zaman dan perputaran waktu.

17 tahun lalu, jika kita membuka Majalah Tempo Edisi Hari Kemerdekaan pada tahun 2007 maka kita akan menemukan catatan beberapa kepala daerah yang memiliki prestasi waktu itu saat menjabat, yang salah satunya adalah Bupati Halmahera Selatan waktu itu Muhammad Kasuba.

Program Pendidikan dan Kesehatan gratis menjadi sorotan Tempo terhadap kebijakan yang dilakukan MK. Tak hanya itu, ada beberapa hal lainnya yang dibahas terkait prestasi dan gebrakan Muhammad Kasuba waktu itu.

Tak ada yang menduga, setelah 17 tahun berlalu, Putra Sulung Muhammad Kasuba seolah mengulangi Prestasi ayahnya bahkan jauh lebih spesial karena Tempo menjadikan Hasan Ali Bassam Kasuba sebagai Tokoh Pilihan di majalah tempo edisi khusus hari kemerdekaan yang ke-79.

Seolah mengamini pepatah bahwa buah jatuh tidak jauh dari pohonnya, maka Bupati Halmahera Selatan Bassam Kasuba seperti mengulangi catatan sejarah yang dilakukan sang ayah. 

Menarik untuk perhatikan adalah tempo merupakan majalah yang sangat teliti dan memiliki data yang cukup ketika menjadikan tokoh pilihan dalam majalah.

Majalah Tempo tentu tidak asal menentukan tokoh pilihannya tapi melihat akselerasi program pemerintah daerah yang inovatif, kreatif dan dianggap berhasil.

Bassam Kasuba meskipun baru beberapa bulan menjabat tapi dianggap memenuhi semua kriteria tersebut. Program-program yang dicanangkannya terbilang inovatif dan kreatif serta tercapai secara maksimal. 

Hal ini kemudian menjadi alasan memilih Bassam Kasuba sebagai tokoh pilihan di majalah Tempo pada bulan Agustus.  Ini juga menjadi bantahan kepada mereka yang selalu menilai 'miring' tanpa data yang akurat terhadap kinerja Bupati Bassam Kasuba.

Sebagai masyarakat Halmahera Selatan, ini merupakan sebuah kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri karena Bassam Kasuba berhasil mengharumkan nama Halmahera Selatan di kancah Nasional, mengulangi hal yang pernah dilakukan Sang Ayah. 

Meski yang kita tahu, banyak kritik sinis yang ditujukan kepadanya, namun beliau membuktikan melalui kerja nyata.

Semoga beliau tetap sehat dan terus melahirkan ide ide inovatif untuk Bumi Saruma. Tetap menyala Halselku! [Irh.]

Ads vertikal
Share:
Komentar

Berita Terkini